baca emai OFFline,, Mau !!!


Pada tutorial sebelumnya berjudul Tutorial Download Email Menggunakan Thunderbird telah diberikan langkah-langkah untuk mendownload email tanpa harus masuk ke situs/web pemberi layanan email. Hal ini akan mempercepat proses pembacaan dan merespon email. Thunderbird juga mempunyai kemampuan untuk membaca email secara Offline (tidak terkoneksi internet), artinya, setelah email di download maka Anda bisa membaca email-email tadi di komputer tanpa terhubung internet. Thunderbird juga mempunyai fasilitas untuk meng export email yang telah di download ke komputer kita untuk di baca di komputer lain. Misalnya, kita download email menggunakan komputer kantor, lalu kita ingin membaca email tersebut secara offline di komputer kita yang di rumah. Tutorial kali ini akan membahas langkah-langkah tersebut.

1. Download dahulu Tools untuk melakukan Export Import email menggunakan Thunderbird. Download di sini : https://nic-nac-project.de/~kaosmos/ImportExportTools-1.6.1.xpi

2. Buka Thunderbird, klik menu Tools, klik Add-ons

clip_image002

3. Pada menu Add-ons, klik Install, lalu pilih file ImportExportTools-1.6.1.xpi yang telah di download. Lalu restart Thunderbird Anda (matikan lalu buka kembali)

clip_image002[4]

clip_image002[6]

4. Buka Thunderbird, klik menu Tools, klik Import/export in mbox/eml format, lalu klik Export folder, lalu pilih folder di mana Anda akan menyimpan email yang telah di download, misalnya kita simpan ke USB Flash Disk. File email hasil export ini bernama Inbox, dan tidak mempunyai extension/akhiran.

clip_image002[8]

5. Langkah selanjutnya adalah melakukan import email yang telah di simpandan Flash Disk, misalnya dibuka di komputer rumah.

6. Buka Thunderbird, klik menu Tools, klik Import/Export in mbox/eml format, klik Import mbox.

clip_image002[10]

7. Pilih folder di USB Flash disk di mana Anda menyimpan file email hasil Export pada langkah sebelumnya (nama file : Inbox)

8. setelah berhasil mengimport akan muncul folder Inbox baru. Dan Anda bisa membaca email tanpa harus terhubung ke internet

clip_image002[12]

Semoga bermanfaat

About fajarsidiqsaid

..........Dilahirkan di sebuah desa kecil, jauh dari peradaban. Waktu kecil aku habiskan bersama teman-teman cilik di dalam hutan (the white jungle)... , aku sangat senang berpetualang mencari sesuatu yang mengundang rasa ingin tahu. saking menggunungnya rasa ingin tahuku, hampir saja jadi santapan rombongan kawanan kera ganas dan liar, yang mengepungku saat berpetualang ke negeri kera mencari buah nangka hutan yang katanya super lezat itu. kira-kira 1995,yang jelas aku belum lulus sekolah dasar. aku tak tahu pasti tanggal dan tahunnya. tetapi yang aku ingat waktu itu senior-seniorku yang suka aku ikuti untuk belajar berpetualang mentato tubuh mereka dengan getah jambu mete dilengan kanan dan kiri mereka, sehingga gambarnya persis buah jambu mete yang bertengger di panggkal lengan mereka, warnanya putih ke merah-merahan. kayaknya bekas luka baru saja sembuh... dengan memakai kostum basket NBA yang ngetrend pada zaman itu, (sebenarnya sih dalam hatiku mereka mau pamer tato itu) supaya dilihat oleh banyak orang, tapi itu menurutku itu hal paling konyol yang pernah ada dimuka bumi ini, bagaimana bisa ya mereka berpikir seperti itu??, rombongan kera itu pun tidak mau mentato tubuhnya dengan getah ajaib itu, kenapa??? ya karena getah jambu mete itu menimbulkan gatal, kemudian luka, kemudian bernanah. pedih, habis itu meninggalkan bekas dikulit..butuh tahunan untuk mneghilangkannya. dan anehnya lagi teman seperjuanganku,(maksudku teman yang sering aku ajak untuk berpetualang saat itu membisikan sesuatu yang menurutku ini ilmu yang datang dari langit mana???? sampai saat ini aku belum pernah menemukan defenisi ilmu yang ada diotak temanku itu. nih dia hasil bisikannya ke saya "kamu mau tau nggak kenapa kami bertato gambar jambu mete ini,??? tidak !! jawabku. kenapa??? aku balik tanya ke dia... kamu perhatikan tuh rombongan kera-kera itu yang suka makan buah jambu mete.. sambil menunjuk kearah hamparan kebun jambu mete yang berbuah lebat dan ranum itu... iya kenapa emang?? tanyaku lagi...??? dengan melihat gambar tato ini kera akan berpikir oh ini teman,.. jadi tidak boleh diganggu... "seketika aku mengkerutkan dahiku kuat-kuat, menganalisa jawaban yang super konyol itu... tapi ya sudah, itu jawaban akan aku simpan untuk ku kenang... he he....terbukti apa yang temanku bilang, pada saat itu aku kaget bukan kepalang. ketika perjalanan pulang dengan menenteng buah nangkah hutan ukuran jumbo; panik dan takut luar biasa,,, kawanan kera itu mengejarku padahal dibelakang kan ada teman-temanku, kok aku yang dikejar......*&^%^&&**)(*@%%# (itu yang ada di otak ku pada saat itu)...aku berusaha lari sekuat-kuatnya, sekencang-kencangnya... tak peduli, tabrak gunungpun aku tak peduli..ha ha hah ah ha.. bukan main inilah jadinya kalo lengan tidak di tato, dengan getah sialan itu... ha ha ha ha.... Stopppppp. .....kita istrahat sejenak dulu. .ok. Lihat semua pos milik fajarsidiqsaid

2 responses to “baca emai OFFline,, Mau !!!

Tinggalkan komentar

Krewol's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ihwanarif's Blog

Just another WordPress.com site

Saif569's Blog

Internet,computer,tutorial,trik & tip,informasi,wordpress,blogger,news,teknologi

selamat datang di blog naufal aly

Just another WordPress.com site

JADIKANLAH DIRIMU SEBAGAI HARIMAU

sesuatu hal apapun itu terjadi pada diri kita sendiri nikmati saja & selalu tersenyum

Mineralsindonesia's Blog

Just another WordPress.com site

Izharfisikaunhalu's Blog

Just another WordPress.com weblog

yudhie's Blog

Just another WordPress.com site

visual provocatuer

digital brain storage

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.