Masihkah adakah Budaya Timur dalam dunia IT bangsa kita ?


Sebuah renungan yang dalam dan melelahkan andai arus informasi tidak sedahsyat sekarang bahkan hampir-hampir mendekati real time pada saat kejadian langsung disiarkan Semua informasi positif dan negatif masuk kedalam masyarakat kita nank-anak, remaja, dewasa tua muda semua melihat mendengar tanpa filter yg kuat rasanya anak-anak dan remaja lebih banyak korbannya dalam kebebasan arus informasi, sehingga mereka dg seenaknya mencontoh apa yg dilihat tanpa memandang norma-norma agama dan budaya kita. Kalau cari siapa yangg salah kayak sulit sekali, gimana kalau kita mulai dari diri kita sendiri untuk mencoba menyaring arus informasi yangg sesuai dengan norma-norma agama dan budaya timur kita. sepakat????

Dalam suatu waktu, termenung saya dengan situasi dan kondisi yang ada di negara saya saat ini. Semuanya  kini telah berbeda. Sejak reformasi, situasi dan kondisi bangsa ini menjadi berubah, kebebasan ada dimana-mana. Kebebasan memang dapat berdampak positif maupun negatif. Sayangnya banyak sekali  kebebasan yang disalahgunakan. Seringkali didapati berita tentang korupsi oleh oknum – oknum pejabat yang seharusnya menjadi tokoh -tokoh panutan kita, kekerasan yang seringkali terjadi terutama dalam penyampaian aspirasi, serta perilaku seks bebas dan lain sebagainya.

Sejenak saya kembali ke masa lalu pribadi saya,  Salah seorang sahabat saya menegur pasangannya karena pakaian yang dikenakannya terlalu seksi. Tanpa diduga jawaban yang diberikan adalah kemarahan, pasangannya mengatakan sahabat saya sebagai orang kuno, dan menyarankan shabat saya menonton tv lebih banyak lalu dia menyebutkan nama -nama artis yang memakai pakaian seksi. Setelah saya mencoba berdiskusi dengan para sahabat saya ternyata banyak juga sahabat saya laki – laki khususnya mengeluh. Seminggu dia menegur pasangannya, pasangannya malah diperkosa. Ironisnya yang memperkosa adalah pamannya sendiri karena tidak  tahan melihat seragam sekolah yang maaf memang terlalu seksi. Sang wanita sengaja memendekan rok seragamnya karena ingin terlihat cantik dan sexy seperti yang artis – artis tampil di layar kaca.  Tidak hanya itu apalagi sekarang banyak wanita berpakaian seksi dimana – mana. Kalo sudah begini siapa yang salah ?   Tidak cukup sampai disitu tentang masalah kehormatan diri, seringkali didapati seperti perilaku seks bebas yang melibatkan tokoh – tokoh masyarakat (pejabat, guru dan bahkan tokoh agama) dan terutama kalangan muda. Dulu bila pria seringkali dikatakan sebagai buaya darat kini kaum wanita pun tidak jauh beda. Seringkali saya bertemu dengan wanita baik yang belum menikah maupun yang sudah menikah yang memiliki pacar lebih dari satu, walau prianya tidak pernah menyakitinya. Alasannya pun klasik seperti faktor fisik (pasangannya ganteng atau cantik) dan faktor ekonomi. Tidakkah lagi berharga komitmen kesetiaan ?

Tidak sedikit jumlah film ataupun gambar yang bersifat seks, kekerasan dan bahkan black propaganda ada di dunia IT yang di upload dad download oleh bangsa kita. Seringkali kesalahan dilakukan oleh masyarakat kita, dan ironisnya kita jadi terbiasa dan tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Sayangnya hal ini terjadi di berbagai kalangan. Kejahatan semakin banyak dan merajalela bahkan dilakukan oleh orang yang kita cintai, orang yang seharusnya melindungi, dan juga orang yang seharusnya menegakkan hukum dan moralitas. Krisis moral yang parah ketika nyawa, kehormatan, dan komitmen tidak lagi berharga. Sungguh memperihatinkan untuk negara pernah terkenal dengan Budaya Timurnya yang kental. Akankah ini menjadi masalah sendiri – sendiri ? dan akankah
semua ini akan berlanjut ke arah yang lebih buruk ?
Bisakah kita membantu krisis moral ini di dunia IT ?

About fajarsidiqsaid

..........Dilahirkan di sebuah desa kecil, jauh dari peradaban. Waktu kecil aku habiskan bersama teman-teman cilik di dalam hutan (the white jungle)... , aku sangat senang berpetualang mencari sesuatu yang mengundang rasa ingin tahu. saking menggunungnya rasa ingin tahuku, hampir saja jadi santapan rombongan kawanan kera ganas dan liar, yang mengepungku saat berpetualang ke negeri kera mencari buah nangka hutan yang katanya super lezat itu. kira-kira 1995,yang jelas aku belum lulus sekolah dasar. aku tak tahu pasti tanggal dan tahunnya. tetapi yang aku ingat waktu itu senior-seniorku yang suka aku ikuti untuk belajar berpetualang mentato tubuh mereka dengan getah jambu mete dilengan kanan dan kiri mereka, sehingga gambarnya persis buah jambu mete yang bertengger di panggkal lengan mereka, warnanya putih ke merah-merahan. kayaknya bekas luka baru saja sembuh... dengan memakai kostum basket NBA yang ngetrend pada zaman itu, (sebenarnya sih dalam hatiku mereka mau pamer tato itu) supaya dilihat oleh banyak orang, tapi itu menurutku itu hal paling konyol yang pernah ada dimuka bumi ini, bagaimana bisa ya mereka berpikir seperti itu??, rombongan kera itu pun tidak mau mentato tubuhnya dengan getah ajaib itu, kenapa??? ya karena getah jambu mete itu menimbulkan gatal, kemudian luka, kemudian bernanah. pedih, habis itu meninggalkan bekas dikulit..butuh tahunan untuk mneghilangkannya. dan anehnya lagi teman seperjuanganku,(maksudku teman yang sering aku ajak untuk berpetualang saat itu membisikan sesuatu yang menurutku ini ilmu yang datang dari langit mana???? sampai saat ini aku belum pernah menemukan defenisi ilmu yang ada diotak temanku itu. nih dia hasil bisikannya ke saya "kamu mau tau nggak kenapa kami bertato gambar jambu mete ini,??? tidak !! jawabku. kenapa??? aku balik tanya ke dia... kamu perhatikan tuh rombongan kera-kera itu yang suka makan buah jambu mete.. sambil menunjuk kearah hamparan kebun jambu mete yang berbuah lebat dan ranum itu... iya kenapa emang?? tanyaku lagi...??? dengan melihat gambar tato ini kera akan berpikir oh ini teman,.. jadi tidak boleh diganggu... "seketika aku mengkerutkan dahiku kuat-kuat, menganalisa jawaban yang super konyol itu... tapi ya sudah, itu jawaban akan aku simpan untuk ku kenang... he he....terbukti apa yang temanku bilang, pada saat itu aku kaget bukan kepalang. ketika perjalanan pulang dengan menenteng buah nangkah hutan ukuran jumbo; panik dan takut luar biasa,,, kawanan kera itu mengejarku padahal dibelakang kan ada teman-temanku, kok aku yang dikejar......*&^%^&&**)(*@%%# (itu yang ada di otak ku pada saat itu)...aku berusaha lari sekuat-kuatnya, sekencang-kencangnya... tak peduli, tabrak gunungpun aku tak peduli..ha ha hah ah ha.. bukan main inilah jadinya kalo lengan tidak di tato, dengan getah sialan itu... ha ha ha ha.... Stopppppp. .....kita istrahat sejenak dulu. .ok. Lihat semua pos milik fajarsidiqsaid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Krewol's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ihwanarif's Blog

Just another WordPress.com site

Saif569's Blog

Internet,computer,tutorial,trik & tip,informasi,wordpress,blogger,news,teknologi

selamat datang di blog naufal aly

Just another WordPress.com site

JADIKANLAH DIRIMU SEBAGAI HARIMAU

sesuatu hal apapun itu terjadi pada diri kita sendiri nikmati saja & selalu tersenyum

Mineralsindonesia's Blog

Just another WordPress.com site

Izharfisikaunhalu's Blog

Just another WordPress.com weblog

yudhie's Blog

Just another WordPress.com site

visual provocatuer

digital brain storage

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: